Sabtu, 30 April 2011

YANG KECIL YANG BERCINTA

YANG KECIL YANG BERCINTA


WARNING……………!!!!!!!!!!!!

Sinetron remaja umumnya mengusung tema percintaan dengan tokoh pemain cilik alias masih anak-anak. Umumnya yang di angkat adalah jalinan cinta dalam balutan persahabatan antara dua anak kecil menjelang ABG.
Sinetron ini punya kesamaan, yakni barangkat dari sebuah produksi lain yang telah di kenal public. “GET MERIED “ adalah sinetron yang di angkat dari film layar lebar kemudian dicoba di buat serial televisinya. Sinetron-sinetron ini punya benang merah yang sama yaitu mengusung percintaan para pemain utamanya.
Karena itu sinetron ini bak sinetron remaja lain yang di mainkan oleh pemain-pemain yang lebih dewasa dari segi usia (misalkan anak-anak yang karakter di sinetronnya mendapat peran menjadi orang dewasa ) misalkan saling menatap dengan penuh rasa cinta  ( atau gairah , entahlah ) . si buyung merayu si upi, dan berpelukan.  Segala hal yang terkait dengan urusan cinta pun tampil kongkrit; cemburu, trik memikat orang yang di taksir, kabur dari rumah demi orang yang di cintai, dan lain-lain.
Sinetron ini sangat di gemari oleh anak-anak ABG ,dan mengusung tema lagu yang popular di kalangan anak-anak walhasil menjadi suatu kewajiban untuk dapat hafal lirik-lirik lagu yang di nyanyikan.
Hal ini berpotensi memberikan dampak buruk bagi anak-anak khususnya, karena para pemain yang di lihat di layar kaca merupakan figure atau model bagi para penonton cilik dan dapat di tiru oleh halayak anak-anak.
Tayangan –tayangan semacam ini menggiring anak untuk memasuki kehidupan dewasa dengan lebih cepat. Para pemain merupakan miniature yang di lakukan orang dewasa. Ini merupakan bukan tontonan yang sehat bagi anak karena anak menonton tayangan yang tidak tepat untuk usianya.
Sayangnya , masih banyak orang tua yang tidak cukup peka untuk melihat bahwa tontonan ini tidak tepat untuk anaknya. Ada di antara orang tua itu yang ikut menonton tayangan-tayangan itu, tetapi mereka tidak menganggap bahwa muatannya bisa berdampak serius, semata – mata dengan alasan bahwa tontonan itu hanya hiburan dan sekedar cinta monyet  anak-anak biasa.
Sebaiknya kita orang tua selektif dalam memilih tayangan untuk anak. Jangan sampai kita membiarkan anak-anak  belajar menjadi yang kecil yang bercinta…………
“Jika ada seribu orang yang melawan kedzaliman, maka akulah salah seorangnya. Jika ada seratus orang yang melawan kedzaliman , maka akulah salah seorangnya dan jika hanya ada satu orang yang berjuang melawan kedzaliman, maka akulah orangnya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar