Kamis, 13 Oktober 2011

Bercerita adalah media belajar

“Bercerita adalah media belajar, dapat mengubah tanpa harus menyakiti”, kata Kak @rudicahyo, Chief Creative Officer @IDcerita yang menjadi fasilitator workshop. Dalam risetnya, McClelland mengumpulkan 1300 cerita dari berbagai negara dalam kurun 1925-1950. Hasilnya menunjukkan bahwa cerita anak yang mengandung nilai achievement yang tinggi di suatu negeri akan diikuti pertumbuhan yang tinggi di negeri itu dalam 25 tahun kemudian. Riset Eva Dewi Puspitasari, menunjukkan bahwa mendengarkan rekaman cerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak.
Riset Mariatul Khusniyah menunjukkan pemberian dongeng pewayangan dapat meningkatkan penalaran moral. Juga tesis Ratih Widyastuti Permatasari yang menggunakan cerita dari Indonesia Bercerita menunjukkan bercerita meningkatkan kreativitas anak.
Ada tiga bagian pokok dalam melatih diri mendidik menggunakan cerita, yaitu mengenali kekuatan diri, mengenali dan mengelola kekuatan bercerita serta mengenali dan mengelola kekuatan cerita”, kata Kak @rudicahyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar