Kamis, 13 Oktober 2011

Internet Sehat

Ketika anak sudah semakin besar dan semakin melek teknologi, rentang jarak antara orangtua dan anak semakin lebar. Orangtua tak bisa hanya diam berpasrah diri, tapi perlu belajar tentang apa yang sedang mereka tekuni. Setidaknya, orangtua perlu mengetahui apa yang sedang mereka sukai dan lakukan.

Berikut itu panduan dari Internet Sehat mengenai tips mengajukan 5 pertanyaan awal yang bisa dipakai orangtua untuk “mengorek” informasi mengenai kegiatan online yang dilakukan anak-anak.

1. Apa yang teman-temanmu lakukan ketika berinternet?
Pertanyaan ini untuk menghindarkan kecurigaan anak-anak bahwa Anda akan menginterogasi mereka. Percakapan ini untuk menetralkan pembicaraan dan membuatnya sebagai pembicaraan biasa. Untuk pertanyaan ini, biasanya Anda akan mendenagr jawaban: untuk main game, chatting, dan Facebook-an.

2. Situs apa yang baru dan yang sedang ngetren?
Tanyakan kepada anak Anda mengapa memilih situs tersebut. Anda juga bisa menanyakan situs apa yang sudah tidak populer lagi dan mengapa.

3. Apa saja situs favoritmu?
Nah, di sini Anda sudah mulai masuk ke dunia online anak. Mulai dari pertanyaan yang biasa dan tidak menggurui. Biarkan anak-anak bercerita, namun jangan lupa tanyakan mengapa dia memilih situs tersebut.

4. Apakah pernah menemukan kejahatan di Internet?
Anak mungkin tidak mengerti artinya, namun setidaknya mereka tahu contoh-contoh kejahatan yang mungkin terjadi dari Anda. Ceritakan tentang berita kejahatan Internet yang Anda ketahui, seperti virus, pencurian data pribadi, akun palsu di facebook, penipuan uang, penculikan setelah janjian pertemuan di Internet, gambar/foto tidak senonoh, kata-kata kasar (bullying), dan sebagainya.

Tanyakan kepada anak Anda apakah mereka mengetahuinya dan membacanya. Intinya adalah memastikan agar anak mengerti apa jenis dan dampak kejahatan di Internet. Hal ini ampuh untuk membuat mereka mengetahui dan waspada terhadap kejahatan yang mungkin mereka alami.

5. Apakah pernah melihat/mengalami hal yang membuat tidak nyaman ketika sedang online?
Ini adalah tahap diskusi dengan anak lebih mendalam tentang kejahatan Internet. Anda bisa membahaskan tentang perilaku buruk di Internet, semisal pornografi, penghinaan rasis. Bangunlah kepercayaan mereka kepada Anda sehingga jika sesuatu terjadi di Internet, mereka bisa sharing ke Anda dan tidak merasa segan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar